Kualitas Pemimpin Tim

Salah satu tugas awal untuk pemimpin mana pun adalah "pemimpin tim". Seringkali ini adalah posisi organisasi formal pertama bagi para pemimpin. Para pemimpin yang paling berpengalaman akan mengingat dengan baik pertama kali bahwa mereka bertanggung jawab atas tim orang. Jika mereka dipromosikan dari kelompok sebaya mereka, mereka mungkin telah mengalami beberapa tantangan menjembatani peran baru mereka sebagai pemimpin daripada hanya satu anggota tim. Mereka yang ditugaskan ke tim dari luar akan menghadapi tantangan untuk mengenal anggota tim mereka dan sebaliknya. Terlepas dari apakah mereka dipromosikan dari luar atau dari dalam, para pemimpin baru akan ditantang untuk berurusan Pemimpin Besar dengan kepribadian yang berbeda dan menggabungkan mereka menjadi unit operasi yang kohesif. Begitu, apa kualitas pemimpin tim yang sukses yang memungkinkan mereka membangun tim yang berkinerja tinggi? Berikut adalah beberapa yang paling penting:

Visi: Pemimpin tim yang efektif perlu membangun visi yang jelas untuk masa depan, yang dapat menantang tim. Dalam banyak kasus, misi tim akan ditetapkan oleh organisasi yang lebih besar di mana tim tersebut berada; namun, sebagian besar pemimpin tim akan memiliki kemampuan untuk memutuskan bagaimana menyelesaikan misi mereka dengan cara terbaik untuk organisasi. Minimal, seorang pemimpin dapat membangun visi yang menantang tim untuk menjadi yang terbaik dalam organisasi mereka atau dalam industri mereka. Menetapkan visi yang jelas adalah salah satu cara bagi seorang pemimpin tim untuk membuat semua orang bekerja bersama menuju tujuan bersama.

Delegasi: Pemimpin tim harus pandai mendelegasikan. Beberapa pemimpin mencoba memimpin tim mereka dengan menjadi anggota tim yang paling produktif, seorang "penentu kecepatan". Meskipun gaya "penentu kecepatan" untuk memimpin suatu tim dapat bekerja dalam beberapa keadaan terbatas, pemimpin tim harus menyelesaikan Pemimpin atau Penguasa pekerjaan melalui orang-orang mereka daripada melakukannya sendiri. Selama periode volume atau krisis tinggi, pemimpin tim mungkin perlu melompat dan melakukan beberapa pekerjaan bersama orang lain; namun dalam banyak kasus ini bukan gaya kepemimpinan jangka panjang yang berhasil. Dengan demikian, mereka harus pandai dalam seni delegasi.

Melibatkan: Pemimpin tim yang sukses harus dapat melibatkan orang-orang mereka. Pepatah lama itu berlaku: "orang tidak peduli seberapa banyak Anda tahu sampai mereka tahu seberapa besar Anda peduli." Para pemimpin harus mengenal semua orang di tim mereka, dan melibatkan mereka sebagai orang. Mereka perlu memastikan bahwa setiap orang dalam tim ditugaskan ke posisi yang tepat dan bahwa mereka memiliki apa yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Mereka hanya dapat melakukan ini dengan mengenal setiap anggota tim untuk memahami kekuatan dan kelemahan mereka serta kebutuhan mereka.

Berkomunikasi: Pemimpin tim yang sukses juga merupakan komunikator yang baik. Mereka tahu bagaimana mengekspresikan diri mereka dan membuat poin mereka dipahami. Mereka juga pendengar yang baik karena mendengarkan yang efektif juga merupakan bagian dari menjadi komunikator yang efektif. Pemimpin tim yang mempelajari keterampilan komunikasi sejak awal karier mereka akan dapat menggunakannya saat mereka maju ke peran kepemimpinan yang lebih luas.

Pemecahan masalah: Pemimpin terbaik juga pemecah masalah yang efektif. Mereka tahu bagaimana menganalisis masalah, mendengarkan kemungkinan solusi alternatif, dan mengimplementasikan perbaikan. Mereka menerapkan solusi sehingga tim mereka dapat berfungsi tanpa hambatan untuk kinerja tinggi.

Pengambilan keputusan: Para pemimpin yang efektif juga mampu membuat keputusan tepat waktu. Mereka mampu mengidentifikasi dan menilai masalah, opsi yang relevan, dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang tersedia. Ketika keputusan tidak dibuat pada waktu yang tepat, maka tim tidak dapat berfungsi pada tingkat tinggi karena anggota tim biasanya menunggu keputusan sehingga mereka dapat bergerak maju. Dengan demikian tim terbaik memiliki pemimpin yang dapat membuat keputusan tepat waktu.

Coaching dan mentoring: Semua pemimpin tim yang sukses juga merupakan pelatih yang baik. Mereka membimbing anggota tim mereka tentang kinerja dan pengembangan pribadi. Semua pemimpin yang baik, terlepas dari posisi mereka, memahami bahwa salah satu tanggung jawab utama kepemimpinan adalah mempersiapkan orang untuk naik ke posisi yang lebih bertanggung jawab. Dengan demikian, para pemimpin harus mengembangkan orang-orang mereka tidak hanya agar mereka dapat tampil lebih baik sebagai sebuah tim, tetapi juga karena mereka harus mempersiapkan seseorang untuk mengambil alih peran kepemimpinan di masa depan. Apakah itu melalui keberangkatan sukarela atau tidak sukarela, atau krisis, semua pemimpin perlu diganti pada titik tertentu, dan itu adalah tanggung jawab pemimpin tim yang baik untuk mempersiapkan kemungkinan ini.

Bertindak dengan integritas . Pemimpin yang sukses dapat diandalkan untuk mengatakan yang sebenarnya dan menjadi contoh hidup dari nilai-nilai inti tim mereka. Masuk akal, bahwa jika seorang pemimpin tim tidak menunjukkan nilai-nilai inti, lalu mengapa mereka dapat meminta pertanggungjawaban yang lain dari tim dalam perilaku mereka? Dengan demikian, pemimpin tim, seperti semua pemimpin lainnya, dapat membangun kepercayaan dengan orang-orang mereka dengan bertindak dengan integritas. Ini mungkin kualitas paling penting dari pemimpin mana pun.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Aplikasi Pendingin HP Android Automatis Paling baik

Cara Memberi Merk Perangkat Lunak

Jam Dinding - Bukan Hanya Untuk Menceritakan Waktu